Home » , » Wanita Jomblo Lebih Rentan Stress

Wanita Jomblo Lebih Rentan Stress


BANYAK orang bilang, menikah bisa bikin stress. Apalagi jika sudah memiliki momongan, mengurus si kecil, suami, dan rumah sekaligus bisa membuat para wanita rentan terkena depresi. Benarkah demikian?


Para peneliti dari University of Toronto, Kanada, mengadakan riset yang melibatkan lebih dari 6.000 wanita, baik yang sudah menikah, lajang, maupun yang tinggal bersama pasangannya tanpa ikatan pernikahan.



Hasil riset menunjukkan waniat yang sudah menikah memiliki resiko depresi yang jauh lebih rendah ketimbang wanita yang masih melajang. Mereka juga terbukti lebih bahagia ketimbang pasangan tanpa ikatan pernikahan.

Pimpinan riset, Dr Marcelo Urquia memaparkan, sumber stress terbesar yang dialami para wanita dalam hubungan ‘domestic partnership’ alias hidup seatap tanpa ikatan pernikahan ialah kemungkinan terjadinya kekerasan fisik maupun ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang. Namun resiko ini semakin lama semakin berkurang, hingga akhirnya kadar stress terjun bebas setelah menikah.

“Kami tidak melihat adanya kemungkinan masalah itu pada wanita yang telah menikah, kemungkinan mereka mengalami masalah psikososial pun lebih rendah. Ini berkaitan dengan seberapa lama hubungan mereka dengan pasangan,” papar Urquia seperti dikutip Daily Mail.

Kadar stress naik 20% pada pasangan tanpa ikatan pernikahan dan 35% pada wanita yang masih ‘jomblo’. Tragisnya, angka stress melejit hingga 67% pada wanita yang telah berpisah dengan pasangannya.

“Kami memang tidak menyarankan orang-orang untuk buru-buru menikah, karena itu pilihan mereka. Tapi hasil studi ini menunjukkan, pernikahan memiliki peran positif dalam perkembangan psikososial,” ujar Urquia.

0 komentar:

Posting Komentar